Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar

“Kita tidak akan mengetahui seberapa besar kekuatan yang kita punya sebelum kita berani melakukan perjuangan maksimal untuk meraih impian besar”  (Merry Riana, Mimpi Sejuta Dollar hal. 280)

Jurus-Jurus Sukses

Inilah pemikiran yang mendasari setiap langkahku, sehingga kerja keras dan tekadku terus berjalan stabil hingga target suksesku tercapai. Anda tidak perlu menjadi seorang sales seperti aku. Dalam banyak jenis pekerjaan atau bisnis apapun, teori kerja keras dan pembentukan tekad merupakan modal yang mutlak, bila Anda ingin sukses. Apa yang kujelaskan ini merupakan jurus yang sangat luas terapannya. Percayalah, ketidakberuntungan bukan bagian dari hidup Anda. Tapi kemauan yang turun-naik, itulah penyebabnya.

Siapa pun berhak untuk sukses

Menjadi suksesadalah keinginan semua orang, walau keinginan itu bergradasi pada diri tiap orang. Sukses memerlukan syarat. Kerja keras, komitmen, kesungguhan, kegigihan, ketekunan, tekad. Banyak orang yang tak kuat mengusung nilai-nilai itu dalam upaya mereka sehingga hasil yang muncul jauh dari yang diharapkan.

Untuk menajdi sukses, kita harus berani melewati suatu kondisi yang sulit. Pertarungan menuju sukses adalah rahasia kesuksesan itu sendiri. Untuk membuka kunci menuju pertarungan itu dibutuhkan keberanian. Jika tidak bertarung, kita tidak tahu apakah kita akan menang atau kalah. Dan jika tidak berani, kita bahkan tidak akan menginjak arena pertarungan.

Jangan pernah takut gagal

Kegagalan adalah ciri perjalanan sukses. Dengan mengalami kegagalan,kita mendapatkan pelajaran untuk mengetahui cara-cara yang lebih baik. Selalu ada perubahan dalam strategi atau pilihan agar kegagalan yang sama tidak terulang lagi. Yang penting bergerak terus, berjuang terus, mencoba terus.

Banyak gagal, banyak belajar. Tapi coba dan coba terus. Jangan patah semangat. Yang penting kita tidak melakukan kesalahan yang sama. Darisetiap kegagalan kita harus bisa mengambil pelajaran yang kemudian menjadi petunjuk bagi langkah-langkah selanjutnya. Kegagalan sebetulnya sebuah misteri Ilahi yang dibuat untuk membentuk kita agar semakin kuat. Kegagalan juga membuat kita tangguh saat sukses benar-benar sudah di tangan.

Seberapa penting arti uang?

Jika kita dikelilingi cinta, hidupkita akan bahagia. Jika diberikan kesehatan, hidup tentu juga menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dan jika kita dianugerahi kemapanan,kita dapat menambah kualitas dari cinta dan kesehatan untuk kebahagiaan yang lebih utuh.

Jadi jangan ragu dan malu untuk menanamkan tekad bahwa, “Saya ingin kaya!” Karena itu boleh dan snagat mungkin. Tekad itulah yang secara otomatis akan menstimulir kita menciptakan inisiatif, keberanian, dan strategi. Jika dasar keinginannya saja tidak kuat, bagaimana kita bisa melancarkan jurus-jurus yang jitu?

Berusahalah menjadi berbeda

Keluar dari kotak, begitulah salah satu prinsipku.

Marilah kita berpikir, bahwa ada masa di mana kita bisa berpikir berbeda. Saat menatap masa depan dan berpikir untuk bisa meraih kehidupan yang baik, kenapa harus mematok diri bertindak sama seperti lazimnya orang lain untuk mendapatkan target yang juga sama dengan orang lain.

Untuk bisa lebih baik daripada mayoritas orang, kita harus bekerja leih keras dengan cara fokus menuju sukses. Salah satu caranya adalah dengan banyak bergaul dengan orang-orang yang sukses. Pelajari ilmu-ilmu sukses yang mereka miliki, dan pakai mereka sebagai guru Anda. Dengan kata lain, menurutku, mentor atau pembimbing itu perlu. Tentu tidak menutup kemungkinan Anda bisa menciptakan jalan sukses sendiri, berarti Anda sangat istimewa. Tapi, bagi yang memerlukan bantuan, Anda bisa mencari orang-orang yang akan menjadi Pembina dan pengarah Anda.

Jeli mengamati konsep kerja Anda

Keluarlah dari kebekuan pikiran yang cenderung memasrahkan diri untuk hanya menerima nasib yang begitu-begitu saja. Kita berharga. Kita mampu. Kita bisa kalau dihidupkan. Siapa yang menghidupkan? Diri kita sendiri. Begitu banyak peluang di dnia ini yang sangat memungkinkan kita meaih sukses. Dengan memberikan kepercayaan kepada diri kita, kita akan terstimulasi untuk bergerak dan mulai meniti langkah. Yang terpenting adalah bangun harapan dan keinginan yang kuat untuk membentuk diri kita sebagai manusia berharga yang pantas menjalankan pekerjaan yang baik dengan penghasilan yang baik pula.

Menghargai proses, dan lihatlah hasilnya!

Tidak banyak orang yang mampu meihat rona sukses yang bersemayam di dalam proses perjuangan yang tampak keras. Orang-orang yang berbakat sukses akan senantiasa optimis, sungguhpun catatan pencapaian di masa prose situ berlangsung seolah jauh dari yang diharapkan. Tapi jangan salah, ketika kesabaran dan ketekuan terus dihidupkan, pencapaian itu akan bergerak perlahan dan mencapai titik yag kita idamkan.

Ketekunan dan “terus-menerus” mrupakan kekuatan yang sangat powerful untukmencapai target yang kita tuju. Jangan menciptakan batu sandungansendiri dengan putus asa, ragu pada hasil yang bisa dicapai, atau merasa tak akan mampu bersaing. Kerjakan saja apa yang telah kita yakini dengan sungguh-sungguh, disiplin, dan tekun. Mustahil itu tidak memberikan hasil.

Itu cara yang mendasar.jika ketekunan dan kesetiaan pada prose situ dikombinasikan dengan sikap-sikap inovatif dan keinginan untuk terus belajar, maka Anda bisa menambah nilai pada hasil kerjaAnda. Kemauan untuk menambah nilai ini sering terabaikan karena kita berpikir bahwa segalanya telah diatur seperi lazimnya kita lihat. Kita sering berpikir bahwa kita tidak akan bisa lebih baik dari orang lain.

Kebebasan finansial, visi yang jelas

Ketika aku telah menekuni beberapa jenis pekerjan dan tidak juga mencapai kesejahteraan, aku mulai berpikir tentang konsep generator-pemasukan atau income-generator. Apa itu? suatu jenis usaha yang bisamemberikan kita pendapata secara terus-menerus , tanpa kita harus membanting tulang sejauh kita membutuhkannya. Yang diperlukan adalah, kita membangun dulu usaha itu dengan kerja keras, untuk kemudian mencicipi hasilnya dalam jangka waktu yang panjang. Selama income-generator itu bisa bekerja dengan baik, maka penghasilan akan mengalir terus.

Aku bisa meraih pencapaian seperti hari ini karena aku telah melewatkan satu masa perjuangan yang kujaga etos kerjanya secara mati-matian. Aku fokus berjuang karena kutahu bila masa berat itu telah lewat, aku akan mencicipi pendapatan pasif yang akan terus datang walau aku tidak terlalu aktif lagi. Dengan impian itu, kerja kerasku menjadi sangat terpacu. Sangat berbeda rasanya dengan ketika aku bekerja keras untuk pendapatan hari itu saja, dan esok harus bekerja keras lagi untuk pendapatan hari esok saja. Apa yang kulakukan merupakan kerja keras dengan dampak yang berkesinambungan. Seperti bekerja keras mencangkul dan menanam pohon yang bermanfaat. Pohon itu kemudian akan berbuah dan terus berbuah dan memberikan kebaikan pada hidup.

Apa yang aku capai juga bisa Anda capai dengan membentuk suatu visi jelas terhadap konsep Anda mencari nafkah. Jika Anda telah memiliki pilihan, fokus pada tujuan Anda dan bertekunlah.

Disiplin,sebuah keharusan

Disiplin adalah harga mati sebuah kesuksesan. Disiplin akan menjaga kinerja kita untuk berjalan di atas pola yang berpengaruh langsung pada kesuksesan.

Disiplin adalah sikap, bukan modal seperti uang atau relasi. Tapi sikap disiplin bisa mengalahkan modal uang dan relasi. Orang-orang yang berdisipin biasanya memiliki jaminan pasti pada hasil. Mereka tidak meleset membidik target karena telah terbiasa melakukan segala sesuatu pada rel-nya, pada waktunya, dan dengan kesungguhan untuk memenuhi itu hingga tuntas.

Memiliki passion!

Passion atau hasrat untukmelakukan pekerjaan dengan rasa cinta adalah poin penting yang bisa menjadi malailat penyelamat saat kita berkutat dengan proses. Passion membuat kita tidak mudah jatuh ketika pekerjaan yang kita lakukan belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Ketika ada tantangan,kita justru tergerak untuk menyikapinya dengan agresif karena menemukan keasyikan di sana. Dan dengan passion, secara otomatis kita juga akan terstimulasi untuk terus memperbaiki kapabilitas. Karena kita mencintai apa yang kita kerjakan, kita menjadi mesra dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan itu, dan kita ingin yang terbaik bagi pekerjaan kita.

Peka terhadap peluang

Kita mungkin telah cukup maksimal mengupayakan ini, itu, dan anu, tapi tidak membawa hasil yang menggembirakan. Kita lalu berpikir bahwa segala peluang telah kita coba dan gagal. Mungkin yang dilakukan tinggal menghadapi apa yang sudah dikerjakan terakhir saja.

Padahal, tidak. Peluang baru akan terus muncul dalam rupa dan ragam yang mungkin tidak Anda duga. Aku sarankan pergunakan setiap kesempatan yang ada dengan kemampuan logis yang Anda punya. Rangsang kepekaan Anda untuk menangkap getaran panggilan dari peluang itu dan manfaatkan kesempatan itu. kita bisasaja tidak berjodoh dengan peluang yang kita anggap pas dengan diri kita. Namun bisa saja peluang yang nampak tidak mungkin adalah masa depan kita.

Berhemat dan menabung

Berhemat dan menabung merupakan kebiasaan yang sangat menunjang pencapaian sukses. Jika kita terbiasa memboroskan uang berarti kkta tidak menghargai proses pencariannya. Dan buntutnya, tidak ada relasi yang jelas antara kerja keras dan hasil.

Bekerja keras, berhemat, dan menabung merupakan serangkaian mata rantai yang idealnya tidak terputus.

Jadi, berhemat merupakan cara kita untuk mengapresiasi pencapaian-pencapaian kita dalam pekerjaan. Lebih jauh lagi, berhemat juga akan melatih kita untuk berlaku efisien dalam keuangan ketika kita sudah memiliki anak buah dan menjalankan suatu badan usaha.

Sementara menabung adalah sikap yang snagat mendukung keselamatan masa depan. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan  terjadi di depan nanti. Menabung merupakan cara kita menghargai masa depan. Manfaat lainnya, tabungan juga bisa dijadikan modal usaha. Dengan demikian uang Anda berkembang karena memiliki “daya”.

Kekuatan iman

Iman merupakan fondasi yang mengendalikan emosi dan ketangguhan mental kita. Iman pula yang akan mengendalikan gerak kita untuk selalu berjalan di atas norma-norma yang baik. Iman membuat kita tabah dan berpengharapan. Iman membuat kita mampu melihat hari esok sebagai kesempatan indah yang dijanjian Tuhan. Iman membuat kita tidak berhenti memproduksi pikiran-pikiran yang baik.

Siapa pun kita, kepercayaan apa pun yang kita anut, sertakanlah Tuhan sebagai bagian atau partner kerja kita. Hidupkan rasa syukur dalam setiap pencapaian kecil dan berharaplah itu akan merujuk pada kesempatan besar.

Kita akan merasakan bahwa harmoni hidup, termasuk sukses pekerjaan yang telah diatur oleh-Nya merupakan scenario yang sangat agung. Akan Anda rasakan itu jika Anda telah menjalankan perjuangan dengan keras dan mencapai hasil yang diidamkan.

Mari terus bekerja, berjuang, dan berdoa.

Ringkasan Bab 12 Jurus-Jurus Sukses

Mimpi Sejuta Dolar, Merry Riana

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s